Macam-Macam Tipe Gimbal Yang Recommended Untuk Handphone

admin

Berita Terbaru Gadget Ingin menjadi seorang videografer profesional namun belum punya peralatannya? Tenang, kamu tidak perlu buru-buru membeli kamera seperti handycam, DSLR, atau mirrorless untuk mewujudkan impianmu. Sebab, kualitas kamera smartphone saat ini sudah lebih dari cukup.

Tetapi, video yang dihasilkan oleh kamera smartphone terkadang masih kurang smooth dan cenderung shaky. Untuk mengatasinya, coba membeli beberapa gimbal untuk smartphone di bawah ini :

 

Macam-Macam Tipe Gimbal Yang Recommended Untuk Handphone

 

 

1. Zhiyun Smooth-4
Bisa dibilang, Zhiyun adalah salah satu produsen gimbal genggam terbesar di pasar saat ini. Bahkan, tipe Zhiyun Smooth 4 digadang-gadang akan mengalahkan DJI Osmo Mobile 2, terang laman Capture Guide.

Apa yang ditawarkan oleh Zhiyun Smooth 4? Gimbal 3-sumbu ini dirancang untuk menghilangkan guncangan. Kamu bisa menggunakan gimbal ini untuk melakukan tiga movement, yakni pan, tilt, dan roll.

Zhiyun Smooth 4 bisa menahan berat maksimum hingga 210 gram, sehingga kompatibel dengan hampir semua smartphone. Jika tertarik, kamu perlu menyediakan budget sekitar Rp1,25 juta.

 

2. Zhiyun Smooth-Q2
Zhiyun Smooth-Q2 melabeli dirinya sebagai pocket-size advanced mobile gimbal. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab ukurannya kecil dan bisa dimasukkan ke dalam saku. Meski begitu, body-nya memakai aluminium alloy grade aerospace untuk meningkatkan kekuatan dan stabilitas, jelas laman Kickstarter.

Berapa beban yang bisa ditahan oleh Zhiyun Smooth-Q2? Gimbal ini bisa menahan berat maksimum 260 gram dan baterainya bisa bertahan hingga 16 jam (30 persen lebih lama dari generasi sebelumnya). Baterai yang digunakan berjenis lithium ion yang bisa diisi ulang.

Menariknya, Zhiyun Smooth-Q2 mendukung rotasi 360° dan memiliki stabilisasi 3-sumbu dengan movement tilt, roll, dan pan. Apabila tertarik, siapkan dana sebesar Rp1,62 juta terlebih dahulu.

 

3. DJI Osmo Mobile 3
DJI Osmo Mobile 3 memiliki 3-sumbu yang efektif mengurangi goncangan saat merekam video. Selain itu, gimbal ini sangat ringan dan portabel berkat beratnya yang hanya 405 gram, terang Dji di website resminya.Di sisi lain, DJI Osmo Mobile 3 memiliki pegangan yang ergonomis dan nyaman di telapak tangan. Yang bikin keren, ada fitur ActiveTrack 3.0. Ini berfungsi untuk menangkap adegan yang membutuhkan gerakan cepat, misalnya merekam orang yang berolahraga atau kendaraan yang melaju kencang.

Tertarik untuk membawa pulang DJI Osmo Mobile 3? Siapkan budget sekitar Rp1,5 juta dulu, ya!

 

4. EVO Shift
Kamu bisa mempercayakan EVO Shift untuk membuat videomu stabil dan halus. Bahkan, kamera tetap dalam posisi stabil walau kita berjalan, bergerak, atau berlari. EVO Shift mempunyai tiga mode stabilisasi, yakni pan, tilt, dan roll, ungkap laman Top Gimbals.

Selain itu, ada fitur Smart-Track Technology yang memungkinkan kita melacak orang atau objek yang bergerak. Ada pula mode panorama dengan sudut 180° hingga 330° serta mode time lapse dengan rentang waktu perekaman dari 30 detik hingga 30 menit.

EVO Shift bisa dipakai untuk device iPhone dan Android serta bisa menahan beban hingga 220 gram. Jika ingin memiliki EVO Shift, siapkan dana antara Rp900 ribu sampai Rp1 juta.

 

5. Moza Mini-S
Masih banyak gimbal berkualitas yang tersedia di pasaran, salah satunya adalah Moza Mini-S. Dari segi tampilan, gimbal ini unggul dengan desain ramping, bisa dilipat, dan portabel. Dengan Moza Mini-S, kamu bisa mengeksplorasi berbagai sudut pengambilan gambar, tutur laman Gudsen.

Menariknya, Moza Mini-S bisa diperpanjang hingga 41 cm sehingga kita bisa mencapai sudut yang lebih luas. Moza Mini-S memiliki berat 495 gram dan bisa menahan beban hingga 260 gram. Dan baterainya bisa bertahan hingga 8 jam.

Dengan Moza Mini-S, kamu bisa merekam video dengan efek Object Tracking, Timelapse, dan Inception. Jika tertarik, siapkan budget sekitar Rp900 ribu sampai Rp950 ribu, ya!

 

6. Hohem Isteady Mobile Plus
Terakhir, ada Hohem Isteady Mobile Plus yang dilengkapi dengan 3-axis stabilizing untuk menjaga ponsel stabil dan menghasilkan video yang lebih halus. Gimbal ini bisa dipakai dengan orientasi lanskap atau potret, gunakan sesuai kebutuhanmu. Beratnya 480 gram, cukup berat daripada gimbal pada umumnya.

Menurut laman The Gadgeteer, baterai Hohem Isteady Mobile Plus bisa bertahan hingga 12 jam. Agar lebih maksimal, unduhlah aplikasi iSteady supaya bisa menjepret gambar atau merekam video dengan fitur yang lebih lengkap.

Harganya tak jauh berbeda dari gimbal lain yang telah disebutkan. Cukup rogoh kocek sebesar Rp1,2 juta, kamu sudah bisa membawanya pulang!

Demikianlah beberapa gimbal smartphone yang disarankan untukmu. Tertarik untuk memilikinya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Trik Jitu Mengatasi Goresan Pada Handphone

Berita Terbaru Gadget Siapa yang tidak kesal jika layar smartphone kesayangan tiba-tiba tergores ? Umumnya perihal itu terjadi gara-gara smartphone terjatuh (dengan layar menghadap ke bawah) atau gara-gara kukumu terlalu panjang, sehingga mencederai kemulusan layar si smartphone kesayangan. Namun sebenarnya, kamu gak perlu bingung atau sebal berlebihan kalau tiba-tiba mendapati […]
Trik Jitu Mengatasi Goresan Pada Handphone

Subscribe US Now