Macam-Macam Fitur iOS 14 Yang Serupa Dengan Android

admin

Berita Terbaru Gadget Pihak Apple akhirnya mengumumkan beberapa fitur dalam iOS 14, dalam perhelatan Apple Worldwide Developers Conference edisi 2020. Setelah diamati, beberapa telah ada di sistem operasi Android. Apa sajakah? Dilansir Hostcoremedia dari Cnet, berikut rangkumannya :

 

 

Macam-Macam Fitur iOS 14 Yang Serupa Dengan Android

 

 

Translate
Di iOS 14, Apple memperkenalkan aplikasi penerjemah bahasa atau Translate versi baru dengan kemampuan dapat menerjemahkan percakapan secara real time. Ia bisa saling menerjemahkan 11 bahasa, termasuk bahasa Inggris, Mandarin, China, Jerman dan Korea.Nah itu bukan sesuatu yang baru di Android. Sampai Maret 2020, aplikasi Translate bersutan Gogole bisa menerjemahkan obrolan dalam 8 bahasa, juga secara real time alias seketika.

Widget
Dengan sistem operasi iOS 14, homescreen di perangkat Apple akan memasukkan widget, misalnya memungkinkan user melihat informasi cuaca secara lebih lengkap. Sebelum ini, pengguna iPhone hanya dapat melihat aplikasi di layar utama.Di Android, fitur widget sudah ada sejak sangat lama. Malahan fitur ini sudah ada sejak Android diluncurkan pada tahun 2008 atau 12 tahun silam.

App Library
Fitur baru lain di home screen yang dibawa oleh iOS 14 disebut sebagai App Library. Fitur ini membuat user dapat mengorganisir aplikasi menjadi grup atau daftar yang sesuai. Selain itu, user juga dapat menyembunyikan aplikasi dari homescren utama.Fitur-fitur tersebut mirip dengan di Android dan sudah lama ada. Beragam aplikasi di homescreen Android sudah biasa dikelompokkan berdasarkan jenisnya atau kemauan pengguna. Aplikasi juga dapat disembunyikan di drawer.

Arah Sepeda di Apple Maps
Apple Maps yang diperbaharui menyediakan cara bepergian lebih ramah lingkungan dengan bersepeda. Ada opsi jalur sepeda terdedikasi dan mendetail untuk membantu memberi arah para pesepeda, termasuk misalnya ketinggian dan ada benda seperti tangga.Meski memang tidak sama detail, Google Maps di Android sudah punya opsi ‘cycling’ sejak tahun 2010. Jalur sepeda juga sudah memasukkan faktor seperti ketinggian.

Picture-in-picture
Dengan fitur ini pengguna iPhone tetap bisa memutar video sembari membuka aplikasi yang lain, di mana video diperkecil. Swipe ke sisi kiri atau kanan untuk menyembunyikan video namun tetap terdengar audionya.Pengguna Android pasti sudah cukup lama akrab dengan fitur semacam itu. Namun memang tidak sama lengkap karena jika video diswipe, audionya ikut menghilang, tak seperti di iOS 14.

Wind Down Mode
Fitur di iOS 14 yang dinamakan Wind Down Mode membantu user bersiap-siap tidur tanpa gangguan dari smartphone. Bekerja di iPhone dan Apple Watch, user dapat menjadwalkan waktu tidur dan bangun, kemudian mode ponsel jadi mode Do Not Disturb di waktu tersebut.Google diketahui sudah punya fitur yang kurang lebih sama di Android. Cukup search Routines di Android, pengguna dapat menjalankan berbagai setting sejenis agar tidurnya nyenyak.

Mengganti Aplikasi Default
Fitur ini termasuk perubahan signifikan yang terjadi di iOS 14. Untuk pertama kalinya sejak peluncuran iOS, Apple memberikan pilihan bagi user untuk mengubah aplikasi default.Akan tetapi hal itu hanya berlaku untuk browser dan email untuk saat ini. Nah, pengguna Android di sisi lain sudah bisa mengganti aplikasi default sesuai keinginan selama bertahun-tahun.

Bagaimana menurutmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Intip Yuk Tablet Samsung Terbaru Yang Rilis Tahun Ini

Berita Terbaru Gadget Bagi para pecinta samsung, tablet buatan Samsung memang dikenal mempunyai desain yang terlihat mewah dan elegan karena memiliki bodi yang sangat tipis serta terbuat dari material yang berkualitas. Selain itu, kebanyakan produk tablet Samsung telah dibekali komponen hardware kelas atas yang pastinya memiliki performa yang mumpuni saat […]
Intip Yuk Tablet Samsung Terbaru Yang Rilis Tahun Ini

Subscribe US Now