Efek posistif untuk diri sendiri ketika menjaga kebersihan

admin

GreenCLean.id – Pandemi corona virus yang berasal dari kota wuhan, China telah tersebar di Indonesia kurang lebih hampir 1 tahun. Pandemic ini membuat kita harus lebih peduli terhadap kebersihan diri maupun lingkungan. Kebersihan yang diterapkan bertujuan untuk mencegah berbagai macam virus dan bakteri dapat tumbuh.

Efek posistif untuk diri sendiri ketika menjaga kebersihan

Seiring berjalannya waktu kebersihan akan menjadi salah satu gaya hidup yang sangat positif. Kegiatan bersih-bersih yang hampir dilakukan setiap hari secara terus menerus akan merubah seseorang menjadi lebih produktif dan meningkatkan rasa kepeduliannya. Selain itu masih banyak lagi efek internal yang didapatkan dari menjaga kebersihan seperti dibawah ini.

Pikiran dan Perasaan Menjadi Lebih Tenang

Di kondisi pandemi Covid-19 ini, masa ketidakpastian terhadap kapan pandemi ini berakhir menyebabkan banyak orang merasa tak aman dan tak berdaya terhadap keadaan. Dan setiap orang memiliki kecenderungan untuk melakukan hal yang membuat ia merasa aman dan nyaman, apalagi ketika beraktivitas sehari-hari. Maka dari itu, kegiatan bersih-bersih bisa dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi perasaan tak berdaya tersebut. Dengan bersih-bersih, kamu bisa merasa aman karena kamu yakin bahwa kamu telah menjaga badan dan lingkungan kamu tetap bersih. Dengan kata lain, kegiatan bersih-bersih ini mampu membantu menguatkan pikiran dan perasaan kamu menjadi lebih tenang sehingga kamu yakin bahwa kamu aman dan bisa terhindar dari infeksi virus corona.

Tingkat Kecemasan Berkurang

Dalam melakukan kegiatan bersih-bersih kamu pasti akan menemukan salah satu kegiatan yang kamu suka. Seperti contoh ketika kamu sedang mencuci piring dan kamu suka dengan busa yang ada di tanganmu. Ternyata, tanpa kamu sadari, kegiatan tersebut bisa meredakan kecemasan akan pandemi virus corona ini, lo. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa kegiatan bersih-bersih dapat memberikan perasaan rileks pada sebagian orang. Tidak menutup kemungkinan, ada juga orang lain di luar sana yang menyukai menyapu atau mengepel lantai karena alasan tertentu. Perasaan rileks ini tentu dapat mengatasi kecemasan akibat paparan berita tentang Covid-19 terus menerus.

Kesehatan Fisik dan Bahagia

Kebanyakan, aktivitas bersih-bersih merupakan aktivitas yang memerlukan gerakan pengulangan. Lantai kamar mandi tidak akan langsung bersih hanya dengan sekali sikat, begitupun jendela rumah yang tidak bisa seketika bersih hanya dengan sekali lap. Perlu dilakukan pengulangan agar lantai kamar mandi bisa bersih. Gerakan yang dilakukan berulang-ulang tersebut bisa tergolong ke dalam melakukan aktivitas fisik yang membutuhkan banyak tenaga. Terdengar seperti sedang berolahraga, bukan? Pada dasarnya kegiatan bersih-bersih yang menyebabkan keluarnya keringat bisa dikategorikan dalam olahraga ringan. Badan yang bergerak dan mengeluarkan keringat ketika bersih-bersih tentu juga membakar kalori yang ada dalam tubuh. Selain menyehatkan, bersih-bersih yang dilakukan dengan benar juga akan membantu melepaskan hormon endorfin yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik dan merasa bahagia. Bahkan, dengan melakukan bersih-bersih selama 30 menit, perasaan bahagia bisa bertahan hingga 12 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 fungsi pembersih udara

Green Clean – Air purifier merupakan salah satu alat yang dibuat untuk membersihkan udara yang ada di ruangan. Dipercaya dengan alat ini udara di ruangan akan terhindar dari berbagai macam hal yang membuat kurang nyaman. Maka dari itu, penjernih udara telah dijadikan andalan untuk mendapatkan udara sehat di dalam rumah. […]
5 fungsi pembersih udaraa

Subscribe US Now