Memanfaatkan Barang Bekas Untuk Pagar Rumah

admin

Green Clean – Untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih kamu diharapkan untuk memanfaatkan berbagai macam barang agar dapat digunakan kembali. Dengan cara ini kamu bisa meminimalisir sampah yang ada di lingkungan. Salah satu caranya adalah membuat pagar dari berbagai barang bekas. Pagar sejatinya dibuat untuk melindungi dan menjaga keamanan rumah, akan tetapi tidak ada peraturan untuk tidak boleh mengkreasikannya.

Memanfaatkan Barang Bekas Untuk Pagar Rumah

Karena itulah saat ini pagar sudah memiliki fungsi lain yaitu memperindah suatu rumah atau bangunan. Kamu pasti sering melihat di berbagai rumah kebanyakan dari mereka memakai pagar yang berbahan besi dengan tambahan aksesoris runcing di ujung pagarnya. Atau kamu sering melihat rumah yang memakai bahan dasar kayu papan yang disusun rapat dengan tinggi yang cukup menjulang. Kedua jenis paar tersebut sudah terbilang mainstream dan membosankan. Untuk itulah kreasikan barang bekas yang ada dirumahmu untuk membuat pagar namun tetap fungsional sebagai pembatas dan pengaman rumah seperti dibawah ini.

Pagar Kaca Bekas

Untuk kreasi yang pertama kamu bisa memanfaatkan berbagai kaca bekas di rumahmu. Pada saat melakukan pembangunan rumah atau renovasi kamu pasti memiliki berbagai kaca bekas yang tidak terpakai. Manfaatkan kaca tersebut untuk membuat pagar degan cara rapikan kaca dengan ukuran yang sama. Gunakan bantuan kayu atau besi sebagai kerangkanya dan susun kaca di kerangka besi tersebut. kamu juga harus memperhatikan tinggi pagar atau tanam tumbuhan di depan pagar tersebut agar rumah tetap aman dan tak mudah terlihat dar luar. Dengan pemanfaatan limbah seperti ini kamu akan menghemat biaya dan menjaga lingkungan tetap bersih.

Pagar Bambu

Jika kamu memiliki pohon bamboo sendiri atau terdapat sisa bamboo juga bisa dimanfaatkan. Pagar rumah unik berdesain bamboo ini terbuat dari bambu bekas ataupun baru. Bisa juga di dampingkan dengan tanaman hias yang merambat. Dengan kreasi ini tentunya akan membuat suasana rumah menjadi berbeda. Caranya cukup mudah kamu hanya perlu menyusun tiang tanaman cukup rapat, untuk mengurangi celah supaya nantinya pagar tetap rapat. Dengan kreasi ini akan membuat rumahmu aman dan nyaman dari gangguan orang-orang yang berniat jahat.

Pagar Jendela Kayu

Untuk jenis pagar ini memang sangatlah unik. Kalau kamu mempunyai berbagai jenis jendela yang terbuat dari kayu seperti jendela kayu zaman Belanda bisa dimanfaatkan tuh. Cara membuatnya pun cukup mudah, hanya dengan menyusun jendela bekas secara memanjang. Jangan lupa untuk menyatukannya kamu harus memberinya kerangka terlebih dahulu. Dengan kreasi pagar jendela bekas ini rumah kamu akan semakin terlihat autentik dan rapi.

Pagar Batu dan Kawat

Sisa sisa kawat pembangunan masih banyak dirumahmu? Manfaatkan saja untuk membuat pagar. Pagar batu kawat atau gabion/bronjong ini juga bisa dijadikan alternative untuk memperindah, melindungi, dan membatasi rumah. Selain dari fungsi utamanya tersebut, pagar jenis ini juga tidak mudah rusak karena tahan air. Memang untuk kreasi ini sedikit memakan waktu dan tenaga, karena kamu harus membuat kerangka pagar dari kawat. Akan tetapi ketahanan kreasi pagar ini tahannya jauh lebih awet dan tahan lama.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan barang bekas di rumahmu. Dengan begitu kamu akan mengurangi pencemaran lingkungan karena memanfaatkan limbah. Lingkungan yang bersih akan berdampak baik untuk kamu dan orang di sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Cara Membersihkan Gorden dan Beberapa Modelnya

Jasa Poles Marmer Jakarta – Salah satu barang yang bisa mempercantik rumahmu adalah Gorden atau sering juga disebut tirai. Gorden biasanya di taruh untuk menutupi jendela rumah. dengan adanya korden pasti akan membuat pekerjaan membersihkan bertambah. Pasalnya korden dapat menyerap banyak debu dan kotoran dari luar ketika jendela dibuka. Berikut […]
Cara Membersihkan Gorden dan Beberapa Modelnya

Subscribe US Now