Rahasia Mencuci Baju Menurut Agama Islam

admin

GreenClean.id – Mencuci baju sejatinya merupakan hal yang wajib dilakukan setiap hari. Karena baju yang setelah di pakai seharian memang harus segera dicuci untuk menghindari penumpukan kuman dan bakteri. Akan tetapi aturan ini terkadang masih belum diterapkan semua orang, sehingga masih ada orang yang menumpuknya hingga seminggu karena hanya ada waktu luang di akhir pekan. Bahkan, dijaman modern seperti ini sangat umum rumah tangga yang mencuci baju menggunakan jasa laundry.

Rahasia Mencuci Baju Menurut Agama Islam

Mungkin dalam hal mencuci baju diangga sebagian orang adalah pekerjaan yang sepele. Ternyata urusan mencuci ini tak bisa disepelekan karena semua baju yang kamu gunakan harus bersih dari semua kotoran dan najis. Jika kamu orang islam tentu akan melakukan ibadah shalat sehari 5 kali. Hal ini tentunya pakaian harus suci dari najis karena hal ini menjadisalah satu syarat syahnya salat.

Sudah waktunya kita memperhatikan dengan benar bagaimana cara mencuci baju yang sesuai syariat. Baju yang dicuci sebenarnya tidak hanya asal bersih akan tetapi juga harus suci. Cara mencuci yang salah bisa menghasilkan pakaian yang masih terdapat najis. Tentunya pakaian ini tidak syah untuk salat, karena itu sebaiknya kamu simak cara mencuci yang benar menurut agama islam dibawah ini.

Pisahkan Baju

Agar dapat menghindari najis yang terdapat di baju menyebar ke baju yang lainnya, ada baiknya sebelum memasukkannya ke dalam bak cuci pisahkan dulu pakaian yang sudah jelas kena najis. Cara ini dilakukan agar pakaian lainnya tidak ikut kena najis dari pakaian tersebut.

Bersihkan Najis

Selanjutnya kamu harus membersihkan najis yang terdapat pada baju. Caranya cukup mudah dan gampang yakni menyiramnya dengan air. Usahakan najis ikut mengalir ke bawah seiring dengan aliran air sampai najis telah bersih.

Cuci dengan Sabun

Sabun berfungsi sebagai cairan yang membantu menghilangkan kotoran di baju sehingga barsih dan tidak bau. Boleh menggosok dengan tangan, menyikat atau mencucinya dengan mesin cuci. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah ketika masuk ke mesin cuci pastikan najisnya sudah hilang seluruhnya. Karena menurut syariat islam najis yang masuk ke dalam air kurang dari 2 kullah (sekitar 200 liter) maka air tersebut akan menjadi air yang najis pula.

Bilas

Bilas dengan air yang banyak dan untuk penyelesaiannya basahi pakaian dengan air mengalir. Hal Inilah yang disepelekan dan terlupakan oleh kita. Biasanya orang akan membilas menggunakan air yang secukupnya namun kurang memahami bahwa mengguyur dengan air adalah cara terbaik supaya najis ikut pergi bersama air mengalir. Kamu tidak bisa memastikan apakah air atau ember yang dipakai untuk membilas benar suci.

Sepertinya sangat merepotkan dan boros ya jika sebelum dicuci harus diguyur dan pembilasan air juga diguyur? Jika kamu memang berniat dengan benar untuk menghilangkan najis pada baju insya Alah tidak boros. Jika kamu menggunakan cara buka tutup kran saat mengguyur dan membilas pasti akan hemat air, bukan? Dengan demikian kita akan terhindar dari perilaku berlebihan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tanamkan Menjaga Kebersihan Sejak Kecil

Green Clean – Untuk dapat menjaga kebersihan dan kerapihan rumah sebenarnya adalah tanggung jawab seluruh penghuni rumah. karena itu mungkin kamu sebagai orang tua harus menanamkan kebiasaan menjaga kebersihan kepada anakmu dari kecil. Ketika anak sudah bisa membantu pekerjaan rumah dalam menjaga kebersihan, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mulai […]
Tanamkan Menjaga Kebersihan Sejak Kecil

Subscribe US Now