Tanamkan Menjaga Kebersihan Sejak Kecil

admin

Green Clean – Untuk dapat menjaga kebersihan dan kerapihan rumah sebenarnya adalah tanggung jawab seluruh penghuni rumah. karena itu mungkin kamu sebagai orang tua harus menanamkan kebiasaan menjaga kebersihan kepada anakmu dari kecil. Ketika anak sudah bisa membantu pekerjaan rumah dalam menjaga kebersihan, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mulai mengajarinya. Beberapa orangtua mungkin masih belum yakin karena khawatir anaknya belum bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan benar. Sebagai contok ketika menyapu dengan bersih atau menyiram tanaman tanpa menumpahkan air di tempat lain. Ini bisa diatasi jina anak berada dalam pengawasan dan diberi tahu cara yang benar, dia akan belajar menyelesaikan tugas yang diberikan tersebut. dengan menerapkan hal seperti ini akan memberikan dampak positif untuk pertumbuhannya.

Tanamkan Menjaga Kebersihan Sejak Kecil

Memilki Rasa Tanggung Jawab

Dengan mengajarkan anak dalam pekerjaan rumah tangga akan membuat kepercayaan diri dan pemahaman anak mengenai tanggung jawab tumbuh. Kamu bisa menugaskan tugas yang ringan terlebih dahulu seperti membereskan kamarnya sendiri sebagai awalnya. Mungkin sebagian anak akan menolak pada awalnya, akan tetapi kalau Kamu dapat memberikan pengertian sederhana mengenai tujuan dari menjaga kebersihan rumah, maka tentu saja anak akan belajar tentang arti dari tanggung jawab terhadap kebersihan tempat tinggalnya. Ketika nanti anak berhasil menyelesaikan pekerjaan tersebut, pikiran positif bahwa ia bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik juga dapat meningkatkan kepercayaan dirinya.

Kemampuan Motorik Anak

Kegiatan yang bisa membuat perkembangan motorik seperti merapikan mainan, menyapu, mencabut rumput, atau mengangkat penyiram tanaman bisa  membantu anak dalam mengolah kemampuan motoriknya. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor kenapa harus melibatkan anak dalam pekerjaan rumah tangga dari kecil adalah ide yang bagus. Berbagai tugas yang diberikan akan merangsang anak untuk mengkoordinasikan anggota tubuh akan mempengaruhi perkembangan otak yang diperlukan untuk membaca dan menulis. Dengan berhasil menyelesaikan pekerjaan sederhana dapat berdampak besar bagi perkembangan motorik anak.

Menumbuhkan Rasa Empati

Dengan tumbuhnya rasa empati akan menghindarkan seseorang untuk tumbuh menjadi pribadi yang egois. Salah satu cara untuk menumbuhkan rasa empati anak adalah dengan melatihnya mengerjakan sesuatu yang bisa berguna bagi banya orang. Mengajarkan anak dalam menyelesaikan pekerjaan membersihkan rumah secara tidak langsung bisa menumbuhkan rasa empati tersebut. Selain itu, membagi tugas dengan anak bisa membentuk kebiasaan baik lainnya yaitu gotong royong membantu satu sama lain. Ketika Kamu mulai mengajarkan anak dalam rutinitas pekerjaan membersihkan rumah, hal itu akan menjadi bagian dari hidupnya yang akan ia bawa hingga remaja dan dewasa.

Mempererat Ikatan Batin

Mengajarkan anak untuk membantu membersihkan rumah bisa menjadikannya merasa jadi bagian dari tim. Ketika anak bertanya kenapa dia harus melakukan tugasnya, berikan pengertian bahwa dia adalah bagian dari keluarga, dan setiap anggota keluarga mempunyai tugasnya masing-masing. Selain itu berilah contoh kepada anak juga untuk dapat menjadi panutan. Tunjukkan bahwa Kamu dan seluruh anggota keluarga bisa menyelesaikan tugas masing-masing. Konsep kebersamaan dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga akan mempererat ikatan antara Kamu dan seluruh anggota keluarga.

Agar bisa memulai memberikan tugas kepada anak dalam pekerjaan membersihkan rumah, sebaiknya dimulai dari tugas-tugas yang ringan terlebih dahulu. Anak juga bisa mulai dikenalkan dengan tugas-tugas tersebut dengan mainan seperti Little Helper. Bagaimana, Kamu sudah siap mengajak anak merapikan rumah bersama? Sebisa mungkin, ciptakan suasana yang menyenangkan saat menyelesaikan pekerjaan rumah tangga bersama-sama ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Lebih Bijak Dalam Menggunakan Plastik

Jasa Poles Marmer Jakarta – Sampah di dunia saat ini tercatat didominasi dengan sampah plastik. Berbagai macam jenis plastik sudah mencemari bumi dari daratan sampai dengan lautan hingga menyebabkan pencemaran lingkungan yang parah. Sebagai contoh indonesia sendiri sudah ada puluhan ton sampah plastik yang terdapat di perairan Jakarta, tepatnya di […]
Lebih Bijak Dalam Menggunakan Plastik

Subscribe US Now