Mengelola Kebersihan Lingkungkungan Kerja

admin

GreenClean – Lingkungan hidup yang bersih dan sehat merupakan dambaan setiap warga. Lingkungan yang bersih dan sehat juga menjadi salah satu aset yang cukup penting bagi pembangunan manusia di Indonesia. Karena kualitas lingkungan akan sangat berpengaruh kepada kualitas hidup masyarakat. Berdasarka hal itu, pemerintah dan masyarakat harus berupaya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Mengelola Kebersihan Lingkungkungan Kerja

Lingkungan yang bersih dan sehat adalah lingkungan yang bebas dari berbagai polutan, antara lain debu, kotoran dan bau. Diketahui proses penularan penyakit bisa diakubatkan oleh mikroba, maka dengan lingkungan yang bersih dan sehat juga berarti harus bebas dari virus, bakteri patogen dan berbagai vektor penyakit. Lingkungan yang bersih dan sehat juga harus bebas dari bahan kimia berbahaya. Akan tetapi masalah kebersihan dan kesehatan lingkungan sudah menjadi kontroversi yang rumit di masyarakat. Padahal, kebersihan dan kesehatan lingkungan semakin meningkat setiap tahun.

Dampak Buruk Lingkungan Kerja Kotor

Dampak buruk terhadap kualitas lingkungan, seperti pengelolaan limbah dan limbah yang buruk, peningkatan penggunaan bahan yang tidak dapat didegradasi secara alami, peningkatan jumlah dan penggunaan kendaraan pribadi dan kendaraan yang tidak sesuai untuk jalan raya dan kegiatan industri yang tidak dikelola dengan baik. Penataan ruang dan wilayah yang tidak memperhatikan prinsip lingkungan, kelemahan birokrasi, penegakan hukum dan kelembagaan juga menjadi faktor penting yang mempengaruhi kualitas lingkungan.

Kepedulian masyarakat yang rendah terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan memperburuk kondisi lingkungan. Masih banyak yang membuang sampah ke sungai atau selokan yang dapat menyebabkan air sungai meluap atau banjir yang tidak terduga. Faktanya, banyak bangunan yang tidak memikirkan drain sehingga air tidak mengalir dengan normal atau sistem drainase yang tidak berfungsi karena banyak penyumbatan.

Kualitas lingkungan yang rendah akan mempengaruhi kesehatan masyarakat. Lingkungan yang tidak lestari, lesu dan kotor akan menjadi tempat berkembangnya berbagai jenis mikroorganisme patogen dan organisme vektor pembawa penyakit. Akibatnya, masyarakat mudah terserang berbagai penyakit. Kondisi ini jelas akan menghambat perkembangan yang sedang berlangsung.

Lingkungan Bersih Akan Berpengaruh Terhadap Kesehatan

Kualitas lingkungan hidup sangat mempengaruhi kesehatan masyarakat. Masyarakat yang tinggal di kawasan perumahan yang bersih dan sehat pada umumnya dalam keadaan kesehatan yang baik, sebaliknya mereka yang tinggal di kawasan perumahan yang miskin dan tidak teratur seringkali menderita berbagai penyakit dan menyebabkan banyak kematian pada anak balita. Penyakit yang terjadi akibat lingkungan hidup yang buruk, seperti tuberkulosis, pneumonia, bronkitis, tifus, disentri, influenza, campak, campak \ malaria dan lain sebagainya.

Melihat kondisi di atas, pemerintah harus menjadi pelopor dalam menggalakkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan dan kesehatan lingkungan. Dengan cara ini diharapkan masyarakat semakin sadar akan kebutuhan dasar hidup sehat. Mereka juga harus memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya permukiman bersih dan sehat. Bisa melalui berbagai macam media sosial atau pelaksanaan program pemerintah yang lebih berfokus pada peningkatan partisipasi masyarakat. Sehingga nantinya akan mempunyai tanggung jawab yang lebih besar untuk menjaga bahkan memperbaiki atau bahkan memperbaiki kondisi lingkungan menjadi lebih baik. Kegiatan bisa dilakukan melalui media sosial agar lebih efektif.

Tanggung Jawab Pemerintah dan Masyarakat

Pemerintah dan masyarakat diharapkan dapat bekerja sama dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Pemerintah yang merupakan aparatur negara sudah berperan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Peraturan daerah tentang kebersihan dan kesehatan lingkungan telah dikeluarkan oleh pemerintah sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesadaran lingkungan. Selain itu, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan melalui Dinas Kebersihan, meskipun dinilai belum optimal.

Jika pemerintah menjalankan kewajibannya dengan baik untuk mewujudkan kesatuan dan kesehatan lingkungan, turut serta menjaga kemurnian lingkungannya, maka kita bisa melihat betapa indahnya kondisi lingkungan tempat kita melakukan aktivitas sehari-hari. Nah kita harus mulai dari hal yang terkecil seperti dari lingkungan terdekat dalam upaya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tips Menjaga Kebersihan Pabrik Ketika Musim Hujan

GreenClean – Musim hujan merupakan salah satu musim yang paling dinantikan setelah musim kemarau. Musim hujan memang bisa memberikan banyak manfaat, namun terkadang karena intensitasnya yang cukup sering, hujan juga dapat membuat lingkungan menjadi kotor, apalagi jika terjadi banjir. Lingkungan menjadi sangat kotor karena lumpur dan puing terkadang masuk ke […]
Tips Menjaga Kebersihan Pabrik Ketika Musim Hujan

Subscribe US Now