Seberapa Penting Kebersihan Dalam Seorang Muslim?

admin

GreenClean – Betapa indahnya agama Islam, karena segala sesuatu telah ditentukan keamanan dan tingkatannya, sehingga kita sebagai umat Islam pada khususnya harus mengikuti ketentuan yang diberikan oleh Allah SWT. Sehingga kelangsungan hidup dapat tertata dan terpelihara. Mulai dari yang besar sampai yang kecil diatur dalam Islam, dari berurusan dengan negara hingga berurusan dengan keluarga, dari menjaga kebersihan lingkungan hingga kebersihan diri, semua itu tidak luput dari ajaran Islam yang bersumber dari Alquran dan Hadits. Sehingga kita sebagai muslim hanya perlu melaksanakan aturan yang ada.

Seberapa Penting Kebersihan Dalam Seorang Muslim

Namun, ketidaktahuan dan ketidakpedulianlah yang menyebabkan berbagai masalah terjadi. Ketika kita tidak mempedulikan hukum Allah, otomatis kita akan lebih melekat pada hawa nafsu dan rayuan setan, sehingga tatanan yang harus dijaga rusak. Dari Abu Malik, al Harit bin Al Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, katanya, setelah mengucapkan Rasulullah SAW:’ Suci adalah bagian dari iman. (Muslim).

Kebersihan Menurut Islam

Salah satunya terkait kebersihan. Kebersihan merupakan salah satu bagian terpenting dalam Islam, kebersihan dan kesucian adalah bagian dari pemenuhan nikmat yang Allah berikan kepada hamba-Nya, karena kesucian adalah modal awal hidup sehat, kesehatan adalah berkah yang tak ternilai harganya. Allah berfirman dalam hal ini, “Allah tidak ingin menyulitkanmu tetapi Dia ingin menyucikanmu dan menjadikan nikmat-Nya sempurna untukmu sehingga kamu bersyukur” (QS: Al-Maidah: 6)

Bahkan Rasulullah SAW mengaitkan kebersihan dengan keimanan seseorang. Rasulullah Saw sa; Kudus adalah bagian dari iman (HR. Muslim). Dalam hadits sangat jelas bahwa kesucian dan kesucian merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari keimanan, oleh karena itu seseorang yang tidak menjaga kesucian dan kesucian telah melalaikan sebagian nilai keimanan, sehingga ia bukanlah mukmin sejati secara keseluruhan.

Kebersihan Berpengaruh Pada Kesehatan

Kebersihan sangat erat kaitannya dengan kesehatan, apabila seseorang peduli dan peka terhadap kebersihan maka kesehatannya juga akan terjaga. Agama kita yaitu Islam sangat luar biasa dalam memperhatikan masalah kesehatan. Karena kesehatan merupakan salah satu elemen penunjang terpenting dalam menjalankan berbagai hal, baik bekerja maupun dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT.

Kita diperintahkan untuk suci karena Islam ingin menjaga aspek kesehatan manusia, seperti yang disampaikan oleh Imam asy-syatibhi dalam bukunya Fi Ushul Al-Ahkam, bahwa tujuan hadirnya Islam adalah untuk melindungi agama, jiwa, pikiran, raga, harta benda dan keturunan. Oleh karena itu, kesehatan memegang peranan yang sangat mendesak dalam tujuan hadirnya Islam. Tanpa keadaan sehat seseorang, upaya untuk memenuhi kewajiban dasar akan sulit dilakukan sendiri. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa kesehatan adalah aset terpenting untuk mencapai tujuan hadirnya agama.

Pengertian Asy Shihah dan Al Afiat

Dalam kerajaan Islam, ada dua istilah populer yang berarti sehat, yaitu Asy Shihah dan Al Afiat. Menurut salah seorang peneliti, pengertian Ash Shihah adalah suatu bentuk kesehatan yang meliputi jasmani / jasmani / lahiriah, sedangkan Al Afiat adalah bentuk kesehatan yang meliputi spiritual / mental / mental. Islam telah lama memberikan petunjuk yang jelas, lengkap dan terintegrasi tentang konsep pentingnya menjaga kesehatan baik lahir maupun batin.

Tapi jika kita amati. Kebersihan masih menjadi masalah yang harus kita perhatikan di negara kita. Hal ini bisa kita lihat dari lingkungan sekitar yang masih jauh dari kata “bersih”. Karena masih banyak sampah yang berserakan dimana-mana sehingga menimbulkan berbagai jenis masalah seperti banjir, bau tak sedap dan lain sebagainya. Tidaklah cukup jika kita hanya peduli pada kebersihan diri saja, karena selain itu Islam juga sangat memperhatikan kemurnian lingkungan tempat kita tinggal, karena sebagai agama yang membawa berkah bagi seluruh alam, Islam tidak memperbolehkan manusia untuk merugikan atau mencemari lingkungan sekitarnya. . Kebersihan lingkungan itu sendiri akan sangat mempengaruhi keselamatan orang-orang di sekitarnya, oleh karena itu menjaga kebersihan lingkungan sama pentingnya dengan menjaga kebersihan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Membersihkan Noda Cat Kuku Yang Tumpah

GreenClean – Kuku sehat yang dihias dengan cat kuku warna-warni memang bisa mempercantik tampilan kita. Namun belum pernah sebelumnya, ketika saya asyik dengan cat kuku, ternyata botolnya benar-benar jatuh dan mengenai pakaian kami. Kalau sudah begini, kita harus segera bertindak sebelum noda cat kuku menjadi semakin sulit dihilangkan. Sebenarnya, bagaimana […]
Membersihkan Noda Cat Kuku Yang Tumpah

Subscribe US Now