Mudahnya Membersihkan Baju Yang Terkena Lumpur

admin

Jasa Bersih Kantor – Beberapa aktivitas luar ruangan terkadang membuat pakaian kita kotor. Apalagi saat Anda sedang melakukan aktivitas outbond, tentunya Anda akan tersiram lumpur, atau lumpur. Noda pasti perlu dibersihkan. Namun, terkadang lumpur yang mengotori pakaian kita tidak mudah dibersihkan. Jika dicuci dengan pakaian lain, bahkan bisa kotor pada pakaian lain. Anda mungkin memiliki pilihan untuk membersihkannya di binatu. Namun, Anda juga bisa membersihkannya sendiri. Berikut cara membersihkan pakaian yang terkena lumpur.

Mudahnya Membersihkan Baju Yang Terkena Lumpur

Jangan Langsung Dicuci

Jika noda lumpur di pakaian Anda masih basah, jangan langsung dicuci. Jika langsung dicuci, noda lumpur bisa menyebar dan bahkan mengotori pakaian lain. Tunggu sampai noda lumpur mengering terlebih dahulu. Setelah itu, coba bersihkan noda lumpur kering tersebut sebaik mungkin. kemudian Anda bisa mengikis kerak dengan benda tumpul. Salah satu cara mencuci pakaian dengan cepat adalah sesuatu yang harus Anda lakukan. Gunakan bantuan benda tumpul untuk mengikis area yang terkena noda lumpur. Misalnya sendok atau spatula karet. Kikis dengan lembut kerak lumpur agar terangkat sepenuhnya. Jangan menggunakan benda tajam, karena dapat menyebabkan pakaian mudah robek.

Pisahkan Menurut Jenisnya

Kemudian tips mencuci baju selanjutnya yaitu bawa baju dan barang lain yang sudah kebanjiran. Pisahkan menurut jenisnya. Mencuci pakaian yang terkena lumpur perlu memperhatikan bahan setiap kemeja. Bahan, seperti wol atau sutra lembut, memerlukan perlakuan berbeda untuk mencegah kerusakan pada pakaian. Lebih baik juga jika Anda memisahkan pakaian putih dari pakaian berwarna.

Cuci Dengan Deterjen dan Air Panas

Tips utama mencuci pakaian yang terkena lumpur agar hilang sama sekali yaitu, mencucinya dengan air panas. Air panas bisa digunakan untuk semua jenis pakaian. Setelah itu, tuangkan deterjen cair di atas noda lumpur pada pakaian. Atau bisa juga dengan merendam pakaian di wadah yang berisi cukup air hangat. Caranya adalah dengan memasukkan 1 sendok teh cairan pencuci piring dan detergen, serta 1 sendok makan cuka putih. Kemudian, rendam selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, gosok noda lumpur tersebut dan cuci bersih. Anda juga bisa menambahkan pemutih ke pakaian putih.

Manfaatkan Sikat Untuk Membersihkan Lumpur

Jika noda masih membandel bahkan setelah dicuci dengan deterjen cair, coba gunakan alat. Anda bisa menggunakan kuas atau sikat gigi sebagai alat bantu. Sikat kedua sisi kain menggunakan sikat basah. Hal terakhir adalah membilas pakaian sampai bersih. Jika terlalu kotor, bilas 3-4 kali. Jika noda masih terlihat setelah dicuci, coba lagi sebelum mengeringkan. Setelah noda bersih, lalu keringkan dan keringkan.

Untuk mencuci pakaian yang terkena lumpur, Anda juga perlu memperhatikan bahannya. Jika bahannya biasa seperti katun, Anda bisa mencucinya dengan cara di atas. Bahan, seperti wol atau sutra lembut, memerlukan perlakuan berbeda untuk mencegah kerusakan pada pakaian. Jika ragu, Anda bisa mencucinya di tempat pencucian profesional yang bisa membersihkannya. Namun untuk noda lumpur yang sudah meresap ke bagian dalam pakaian akan sangat sulit dibersihkan. Untuk menghilangkan noda, Anda bisa mencucinya dengan tangan. Bersihkan bagian luar dan dalam pakaian. Gunakan sikat untuk menggosok noda dari pakaian. Setelah terlihat cukup bersih, barulah Anda bisa mulai mencucinya sesuai petunjuk pemakaian deterjen. Anda disarankan untuk mengikuti petunjuk dari panduan perawatan kain yang terdapat di setiap produk deterjen untuk membantu menjaga kualitas pakaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pastikan Anda Membersihkan Toples Yang Baru di Beli

GreenClean – Ketika anda sedang ingin menyimpan suatu makanan seperti kue kering pasti akan menggunakan toples. Nah toples ini memang sangat cocok jika digunakan untuk wadah penyimpanan kue dan snack. Pada umumnya toples memiliki bahan dasar kaca bening. Namun jika toples yang baru dibeli atau sudah lama digunakan mengeluarkan bau […]
Pastikan Anda Membersihkan Toples Yang Baru di Beli

Subscribe US Now