Pastikan Anda Membersihkan Toples Yang Baru di Beli

admin

GreenClean – Ketika anda sedang ingin menyimpan suatu makanan seperti kue kering pasti akan menggunakan toples. Nah toples ini memang sangat cocok jika digunakan untuk wadah penyimpanan kue dan snack. Pada umumnya toples memiliki bahan dasar kaca bening. Namun jika toples yang baru dibeli atau sudah lama digunakan mengeluarkan bau apek, itu artinya harus dibersihkan.  Toples tempat menyimpan kue yang sudah lama disimpan di lemari sering kali berbau apek. Tak hanya bau, debu dan kotoran pasti akan menempel pada noda membandel. Tidakkah Anda ingin kue dan makanan Anda kotor dan juga pengap? Agar hal tersebut bisa dihindari, lakukan cara-cara di bawah ini!

Pastikan Anda Membersihkan Toples Yang Baru di Beli

Mencuci Toples

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menghilangkan kotoran di dalam dan di luar toples adalah dengan mencucinya. anda hanya perlu mencuci menggunakan sabun beraroma segar secara merata. Pastikan proses pencucian dilakukan secara teliti! Perhatikan juga bagian lekukan gan ulir tutup toples. Setelah itu, bilas dengan air hangat lalu air dingin mengalir dari keran. Jangan lupa juga untuk membersihkan tutupnya. Terakhir, tiriskan seluruhnya sebelum memasuki tahap sterilisasi.

Proses Sterilisasi Toples

Mencuci toples dengan sabun dan air saja tidak cukup untuk membersihkannya. Anda juga harus mensterilkannya agar kuman dan bau tidak sedap. Kenapa harus bebas dari kuman? Proses ini sangat bermanfaat untuk melindungi Anda dan keluarga dari kuman penyebab infeksi. Mikroba yang tumbuh dari sisa makanan akan segera mati jika Anda melakukan proses ini. Selain itu, toples yang baru saja Anda beli atau keluarkan dari gudang tidak hanya apek dan kotor, tetapi juga sering ditumbuhi jamur. Ini juga dapat menginfeksi makanan yang Anda masukkan ke dalamnya.

Sterilisasi Toples Dengan Cara Merebus Dengan Air

Cara pertama adalah dengan merebusnya. Siapkan panci besar yang bisa memuat semua toples yang Anda miliki. Letakkan tabung dalam posisi berdiri, kemudian tuangkan air sampai tingginya sekitar 2 cm dari permukaan tabung. Setelah semuanya masuk, rebus airnya selama 10 menit. Nah, ada yang perlu Anda perhatikan, Jika Anda tinggal di dataran tinggi yang lebih dari 300 meter, Anda harus merebusnya lebih lama. Rebus toples 10 menit lagi masing-masing setinggi 300 meter. Setelah semuanya selesai mendidih hingga airnya mendidih, angkat toples menggunakan penjepit. Taruh di atas kain kering atau tisu terbalik sampai airnya mengering.

Sterilisasi Toples Dengan Cara Oven

Suhu panas inilah yang dapat membantu proses sterilisasi dan membunuh mikroorganisme yang ada di dalam tabung makanan. Oleh karena itu, tidak hanya dengan cara direbus, Anda juga bisa menggunakan oven untuk proses ini. Caranya, panaskan oven sampai bersuhu 130 derajat Celcius. Sementara itu, siapkan loyang dan lapisi dengan kertas untuk memanggang kue. Letakkan toples di atas loyang lalu oven selama 20 menit. Biarkan dingin dan siap digunakan.

Sterilisasi Toples Dengan Cara Microwave

Anda juga bisa menggunakan alat sederhana di dapur seperti microwave untuk proses strelisasi tabung penyimpan makanan ini. Prosesnya sangat mudah, cukup cuci toples dengan sabun dan air, lalu panaskan dalam microwave dengan api besar selama 30-45 detik. Namun, waktu yang dibutuhkan untuk membersihkannya dari kuman sangat berbeda. Jika toples lebih besar, panaskan setidaknya selama satu menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe US Now